Halo, kami punya cerita lagi nih! Cerita kali ini adalah tentang salah satu jaringan Decauville Train di Sumatera Utara atau yang lebih populer dengan istilah “Muntik”. Jaringan “Muntik” yang akan kami bahas adalah jaringan Decauville aktif milik Pabrik PT. Socfindo yang berada di Desa Aekloba, Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Berdasarkan cerita yang kami dapat dari salah seorang pekerja di pabrik tersebut adalah bahwa jalur “muntik“ ini jalan setiap hari kerja (senin – sabtu) yang memiliki panjang sekitar 7km dan menghubungkan antara pabrik dengan tempat muat buah kelapa sawit atau yang biasa disebut dengan istilah “tuangan”. Pabrik PT. Socfindo Aekloba sendiri memiliki 2 tuangan buah kelapa sawit yang dilayani oleh jaringan “muntik” ini, pertama mengarah ke perkebunan di wilayah utara pabrik yang melintasi Jalan Lintas Sumatera Medan – Pekanbaru (tuangan 1) sejauh ± 9km dan yang kedua mengarah ke areal perkebunan di wilayah selatan pabrik yang jalurnya berpotongan dengan rel KA aktif Medan – Rantauprapat (tuangan 2) yang berjarak ±5km. Pada saat Divre1Railfans mengunjungi pabrik tersebut pada hari Minggu 10 April 2016 yang lalu, terlihat tidak ada aktifitas di areal pabrik dikarenakan hari libur. Jadi tidak ada juga kegiatan angkutan lori yang melayani lintasan kebun s/d pabrik.
Jadi, langsung saja! Berikut dokumentasi Perjalanan Divre1Railfans menuju Aekloba :
Perjalanan dimulai dari Medan menggunakan KA U44 Sribilah Pagi.
Setelah melakukan perjalanan kurang lebih selama 4 jam, 30 menit kamipun tiba di Stasiun Aekloba.
Setelah beristirahat sejenak di Stasiun Aekloba kami berjalan ke arah sinyal keluar menuju Medan.
Lihat Relnya 😀
Suasana di Areal Pabrik.
Dan…
Yang sedang menjalani perawatan 😀
Narsis Dulu! 😀
Setelah puas mendokumentasikan berbagai hal mengenai lori – lori tersebut kami pun bersiap untuk pulang kembali ke Medan. Tapi sebelum pulang…..
Dan akhirnya pada pukul 16.59 jemputan kami menuju Medan datang.
Demikianlah cerita perjalanan kami, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai perkeretaapian di Sumatera Utara.
Salam, Divre 1 Railfans
Senang sekali membaca semua repotase/tulisan perjalanan yg ada disini krn bisa sambil bernostalgia kembali kemasa ketika numpang tinggal di Medan (1981) dan Pematang Siantar (1982-1984) shg nama2 daerah yg disebutkan dlm tulisan bukan merupakan hal baru bagi saya krn sifat pekerjaan wkt itu… Sdh pernah jg merasakan naik Sri Bilah dan Siantar Ekspres wlpn wkt itu kereta api bukan sarana utama transportasi saya… Saya tunggu tulisan berikutnya terutama mengenai rel sempit yg ada dikebun sawit Bahapal Serbelawan… Salam untuk Deni Okta…
SukaSuka
Terimakasih mas atas kunjungannya ke blog kami yang sederhana ini 🙂
wah kami justru baru tahu ada lori juga di daerah sana, mungkin akan kami kunjungi juga dilain waktu.
salam
DR1RF
SukaSuka
Loko penariknya jenis apa ya itu ?
SukaSuka
yang kami tahu loko tsb buatan pabrikan schoema
salam
DR1RF
SukaSuka
Dear Moderator, mohon izin menggunakan foto (sebagian Materi) – Rel Lori/Muntik menuju Kebun (Tuangan 1) – untuk materi website. kalau dimungkinkan bisa di kirimkan ke purel@transportationheritage.com. apakah boleh diizinkan penggunaan photo yang di publish oleh kalangan hobiest atau non komersil ? salam
SukaSuka
maaf baru membalas, silahkan saja jika keperluan fotonya hanya utk non-komersil/hobies.
salam
DR1RF
SukaSuka