Divre 1 Railfans to Aceh – Part 1

Halo teman-teman dimanapun berada! Divre1Railfans balik lagi nih!

Kali ini kami mau berbagi sedikit cerita tentang perjalanan tanggal 19-20 Maret 2016 yang lalu, di tanggal itu kami berkesempatan melakukan perjalanan ke Provinsi Aceh untuk melihat dengan ‘mata kepala sendiri’ kondisi perkeretaapian di Tanah Rencong. Target perjalanan ini sendiri adalah melihat secara langsung pembangunan Jalur KA di wilayah ini, terutama untuk menjawab rasa penasaran kami tentang lebar rel (gauge) yang digunakan dalam lanjutan proyek pembangunan perkeretaapian Provinsi Aceh (Khususnya Wilayah Bireun dan Lhokseumawe).

Perjalanan menuju Bireun dimulai dari Medan pukul 22.30 dan setelah menempuh jarak sekitar 400km dengan waktu tempuh kurang lebih 6 Jam kami pun tiba di sebuah SPBU di Kota Bireun untuk beristirahat dan menunggu matahari terbit sebelum memulai ‘misi’ 😛

Misi pun dimulai! Setelah cukup beristirahat kami memulai misi dengan mencari informasi tentang pembangunan rel KA di daerah ini, kami pun bertanya kepada petugas SPBU tentang hal tersebut dan ia mengatakan bahwa ada pembangunan jalur KA berlokasi kurang lebih sejauh 5 km ke arah utara (arah Banda Aceh) dari  SPBU ini. Setelah menerima informasi tersebut kami pun menuju arah yang di tunjuk untuk melihat secara langsung. Tetapi setelah 5 Km kami tidak menemukan adanya pembangunan Jalur KA yang kami temui adalah…

Gudang Persediaan Tempat Bantalan Ditumpuk!! 😀

Lokasi : 5.202629, 96.646966

Ket : Tumpukan Bantalan di Gudang Persediaan Milik Ditjen KA di Kab. Bireun (Lokasi : 5.202629, 96.646966)

pas mutar balik eh dapat bonus ini 😛

4

Eks Railbed 700mm AT/ASS

5

Perlintasan Sebidang eks Gauge 700mm antara Bireun – Banda Aceh

Karena tidak mendapatkan apa yang kami inginkan kami melanjutkan perjalanan menuju Pusat Kota Bireun untuk Sarapan terlebih dahulu, lalu kami kembali melanjutkan misi untuk mencari railbed yang sedang dibangun. Di Kec Kuta Blang menemukan ini :

Ket : Railbed di Greung Gampong, Kutablang (5.210887, 96.814442)

Ket : Jembatan BH 636 (5.210887, 96.814442)

Kami pikir ini adalah railbed yang akan atau sedang dikerjakan sekarang, akan tetapi setelah dipelajari kembali ternyata Railbed diatas adalah Railbed yang dibangun di era pemerintahan Presiden SBY yang sepertinya tidak akan digunakan lagi.

Kembali ke Jalinsum untuk menuju Lhokseumawe akhirnya yang kami cari ketemu juga!

Taaaraaaaaaaaaaaaaaaa!!!! Lokasi Tepatnya berada di Cot Tunang Kec. Gandapura, Kab. Bireun | Kordinat :5.214735, 96.849465

Ket : Underpass Jalan Desa

14

Foto Bareng dulu!

Naik Keatas Railbed yang tingginya kira-kira 6-7m

Ket : Pemandangan Diatas Railbed

Bergeser Sejauh 300m dari lokasi tadi, underpass lagi..

15

Underpass KA

Dan…. 😀

Akhirnya melihat langsung juga setelah sebelumnya cuma bisa tau dari Sini

16

Underpass Jalinsum Medan-Banda Aceh

17

Underpass Jalinsum Medan – Banda Aceh

18

Lihat Tingginya 😀

Kemudian naik ke atas railbed yang tingginya luarbiasa ini..

19

Foto Underpass Tampak Atas

Setelah itu balik badan, jalan sedikit.. dan…..

Ket : Tumpukan Bantalan dan Rel gauge 1435mm terpasang.

FYI : sudah disaksikan dengan mata kepala sendiri tidak ada regauge, rel terpasang adalah rel bergauge 1435mm. Jadi untuk foto2 pembangunan KA Aceh yang sempat menjadi polemik di kalangan railfans (Disini dan Disini) adalah rel foto bergauge 1435mm.

Di lokasi ini bantalan dan rel yang digunakan adalah cabutan dari railbed trase eks AT/ASS yang pernah direvitalisasi di zaman pemerintahan Presiden SBY namun mendapat penolakan dari warga karna trase yang melewati pemukiman dan disisi jalan lintas sumatera. Buktinya :

23

Cap Bantalan Bertanggal 22 Februari 2008

24

Foto Lagi diatas rel gauge 1435mm

Lanjutttttt!! Ke Lokasi Berikutnya di Cot Puuk Kec. Gandapura, Kab. Bireun | Kordinat : 5.224872, 96.873585

Ket : Trase Lama Yang Pernah direvitalisasi dan Trase Baru Yang sudah terpasang rel.

Next Location! Blang Keude Kec. Gandapura, Kab Bireun | Kordinat : 5.232178, 96.884586

28

Jembatan KA

29

Jembatan KA

30

Sisi Lain

31

Lebih Dekat

32

Pondasi

Setelah Jembatan Grider, relnya mulai menurun dan mendekati wilayah Stasiun Krueng Mane

33

Ketemu Underpass Lagi

34

Menurun

Lokasi foto diatas sama dengan foto Ini

Dan berakhir disini! Km. 0+000 sudah tersambung dengan jalur KA Perintis yang telah ada di Ujung Stasiun Krueng Mane.

35

Km 0+000

Demikian cerita kami tentang dokumentasi proyek pembangunan KA Aceh, semoga cerita ini bisa menjawab rasa penasaran teman-teman tentang perkembangan perkeretaapian di wilayah Provinsi Aceh. Cerita selanjutnya mengenai kondisi sarana dan prasarana KA yang telah ada akan dilanjutkan di Part ke 2.

Terimakasih!! 😀

Salam Divre 1 Railfans

Iklan

Tag:, , , , , , ,

About divre1railfans

Komunitas Pencinta dan Peduli Kereta Api di Sumatera Utara Sejak 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: